5/02/2016

STANDAR KEMIRINGAN ATAP

Memasang Penutup Atap dan Kemiringannya

Fungsi atap adalah sebagai penutup bangunan bagian atas guna melindungi penghuninya dari terik panas matahari, hujan dan lainnya. Aplikasi atap pada umumnya menggunakan material genting tanah. Konstruksi atap terdiri dari rangka kuda-kuda, balok gording, kaso-kaso atau usuk dan penutup genting.

kemiringan atap


Penutup atap dipasang miring, dengan kemiringan berfariasi disesuaikan dengan material penutupnya. Kemiringan atap menurut jenis dan model atap yang digunakan diantaranya :

1. Atap Genting Tanah Liat
Penutup atap genting termasuk material yang paling banyak digunakan di Indonesia khususnya. Penutup atap ini paling rentan mengalami kebocoran.
Kemiringan standar atap genting antara 30 - 35 derajat.

kemiringan atap


2. Atap Genting Metal/Multiroof
Sekarang ini, penggunaan penutup atap jenis metal sedang trendi, bukan hanya untuk aplikasi perumahan tapi juga sudah pada penggunaan untuk kantor-kantor dan bangunan pemerintah lainnya. Harga yang relatif terjangkau, pilihan model yang banyak dan bahan yang mudah didapat memjadikan penutup atap ini alternatif genting tanah liat.
Penutup atap metal biasnaya diaplikasikan dengan rangka atap baja ringan.
Kemiringan atap metal antara 25 - 40 derajat

kemiringan atap

3. Atap Asbes/Seng
Penggunaan penutup atap asbes atau seng banyak dijumpai pada daerah dengan dataran tinggi, untuk bangunan sederhana seperti gudang penyimpanan. Penutup atap ini minim mengalami kebocoran karena ukurannya yang cukup besar. Walaupun ada kekurangan pada jenis penutup ini, untuk penggunaan penutup rumah tinggal tidak disarankan karena berbahaya dan pada saat terik matahari, akan sangat terasa panas didalam ruang.
Kemiringan atap asbes/seng adalah minimal 10 derajat.

kemiringan atap


4. Atap Cor/Dak beton
Secara teknis, penutup atap dak beton dipasang landai, tapi bukan berarti terpasang 0 derajat, karena pengaturan aliran air sangat diperlukan. Gunanya ialah mengindari kebocoran dari endapan air yang banyak di atas permukaan. Selain itu, untuk menghindari kebocoran pada penutup atap cor ini, diperlukan pelapisan dengan bahan waterproofing agar air tidak rembes pada lappisan cor.
Kekuatan konstruksi atap dak ada pada penulangan-nya.

atap dak beton

atap dak beton


Sebelum menentukan bentuk atap yang akan digunakan, alangkah baiknya kita menimbang dahulu jenis atau material atap apakah yanag akan digunakan. Pada intinya adalah bagaimana atap rumah/bangunan terlihat indah namun tetap dapat berfungsi dengan baik, dengan biaya semurah-murahnya dan dengan kualitas sebaik-baiknya.


Techno blogger. Architecture enthusiast.

Comments


EmoticonEmoticon