10/17/2012

SEBELUM MEMBANGUN SEBUAH BLOG




Apabila anda benar-benar serius untuk menjadi seorang blogger yang profesional, anda harus mengetahui beberapa hal berikut ini :

  1. Tentukan tujuan anda
Dengan adanya tujuan, anda akan tau apa yang harus anda lakukan berikutnya.

Yang perlu di garis bawahi yaitu jangan menentukan tujuan blogging sebagai sarana untuk mendapatkan iming-iming uang yang banyak apa lagi sebagai pemula. jika anda sudah berpikiran demikian sebaiknya berhenti untuk meneruskan niat anda untuk membangun sebuah blog.

Mengapa demikian ?, Karena ketika anda Fokus pada tujuan anda untuk mendapatkan uang yang banyak dan ternyata tidak sesuai yang dijanjikan seperti yang sudah dialami belakangan ini akan membuat anda frustasi dan berpeluang besar meninggalkan blog anda.

Sebaiknya milikilah tujuan blogging sebagai hobby anda untuk menyalurkan inspirasi atau berbagi pengetahuan yang anda miliki, entah itu pengetahuan profesi anda, pelajaran yang anda sukai di kelas, atau anda ingin menunjukan hasil karya tangan, sehingga memunculkan karya terbaik yang dapat berguna bagi orang lain.
  1. Fokus Pada Satu Pembahasan
Banyak orang beranggapan dengan banyak topik yang dibahas kan lebih mudah dalam membuat sebuah karya tulisan didalam blog. Hal ini akan mengakibatkan Blogger akan mengalami kesulitan. Bagaimana tidak sulit topik yang dibahas adalah topik yang diluar pemahaman penulis, dan akhirnya mencuri konten milik orang lain. sangat perbuatan yang tidak terpuji.

Untuk itu Pilihlah satu topik pembahasan (Disarankan memilih topik tetang suatu hal yang anda kuasai) untuk Blog anda karena dengan anda fokus pada satu topik anda akan lebih bayak inspirasi untuk menulis di blog anda.
  1. Anda Harus Aktif
Kebanyakan orang sudah merasa cukup dengan membuat sebuah blog karena mereka berpikir search enggine akan mengantarkan blognya mendapatkan pengunjung yang banyak, Hal ini keliru, Aktif didunia maya yang dimaksut yaitu anda aktif dalam mencari informasi misalnya berpatisifasi dalam suatu Forum kemudian pelajari apa saja masalah yang sedang mereka hadapi sehingga anda akan menemukan banyak pemikiran untuk dituangkan dalam tulisan blog anda
  1. Buatlah Karya asli pemikiran anda sendiri
Mengapa anda harus membuat tulisan dari hasil pemikiran anda sendiri ?
    • Akan mematikan pikiran anda untuk membuat karya unik dari yang lain
    • Search enggine sangat tidak menyukai adanya duplikat konten atau konten yang sama Terutama Prof Google
    • Blog anda tidak akan mendapat kepercayaan jika anda memuat konten milik orang lain
    • Banyak orang akan bosan mengunjungi blog anda karena banyak konten yang serupa
  1. Mulailah dari yang kecil dimana menurut anda tidak penting
Kebanyakan orang selalu berpikir telalu jauh dan berharap blog yang baru dibuatnya langsung mendapatkan trafik tinggi, Jika demikian tamatlah mereka. Jelas ketika mereka berpikir demikian dan ternyata gak sesuai pemikirannya akhirnya akan mematahkan semangat.
lakukan saja sekarang jugadan jangan terlalu menuntut kesempurnaan.

Dan yang terpenting adalah kesuksesan itu perlu tahapan. Saya sedang belajar, anda juga belajar, kita semua pada dasarnya selalu mempelajari sesuatu. Jalani saja dan yang tepenting adalah tetap konsisten pada tujuan dan pemikiran anda.

Techno blogger. Architecture enthusiast.

2 comments:


EmoticonEmoticon