3/14/2014

MENGENAL LAYER DALAM AUTOCAD

Bagi yang terbiasa menggunakan program pengolah grafik/grafis pasti sudah tidak asing lagi dengan layer. Layer adalah suatu tool yang digunakan untuk mengatur dan menata susunan properties objek grafis. Penggunaannya sangatlah penting dan membantu mempermudah dalam seleksi dan menejemen objek.
Begitu juga pada program autocad, terdapat tool layer yang digunakan untuk mengatur dan menata garis dan objek yang digambar.
Penggunaan layer pada autocad tidak boleh terlewatkan, karena merupakan elemen awal pembuatan gambar. Bila penggunaan layer terlewat kita akan merasa repot dan bingung sendiri di tengah pekerjaan dengan objek dan garis yang sudah bertumpuk atau rumit.

Layer pada autocad digunakan untuk seleksi pengaturan garis, ketebalan, warna serta pengaturan beberapa properties gambar.

Menggunakan tool layer pada autocad, kita tinggal klik pada toolbar layer seperti dibawah ini :






klik pada icon yang dilingkari (layer)










Lalu akan muncul kotak dialog layer :
kotak layer properties manager

Sebagai contoh kita akan membuat layer seperti berikut :
- DINDING
- KUSEN
- LANTAI
- KUDA-KUDA
- RANGKA ATAP
- GARIS STRIP-STRIP
Cara membuatnya adalah, pada jendela layer cukup tekan tombol enter maka akan muncul baris baru yang kosong dan siap untuk diisi dan bila sudah mengetikan nama layer tekan lagi enter (enter disini menggunakan enter tombol biasa, bukan menggunakan spasi). Ketikan masing-masing daftar layer diatas.
Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini :
hasil pembuatan layer
- Terdapat leyer dengan nama 0 (nol), merupakan layer standar yang telah ada pada saat pertama kali
   menggunakan program ini.
- Perhatikan di sebelah paling kiri (kolom status) baris layer terdapat tanda ceklis warna hijau, menunjukan     layer yang sedang digunakan untuk menggambar. Bisa kita ganti sesuai dengan kebutuhan layer mana yang ingin kita gunakan untuk menggambar dengan cara klik dua kali pada layer tersebut.
- Setelah membuat semua daftar nama layer klik OK,
- Daftar layer yang telah kita buat akan muncul pada di toolbar layer, seperti gambar dibawah ini :
daftar layer yang dibuat

Sekian sedikit pengenalan layer autocad, semoga bermanfaat.



Techno blogger. Architecture enthusiast.

2 comments:

  1. saya juga mengulas sedikit masalah Layer di Autocad. silahkan mampir untuk Lebih tau mengenai Layer dan gunanya dalam mempercepat pekerjaan.

    Disini:
    draftercad.com

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon